Saturday, November 29, 2008

tugas opini

BANGUN PAGI LEBIH AWAL

dwi ratih



Semenjak akan diberlakukan jadwal masuk sekolah dan kantor akan dimajukan lebih awal yaitu untuk sekolah jam 6.30 dan kantor mulai jam 7.30 pada awal Januari 2009 nanti.

Alasan pemerintah memajukan jam kegiatan tersebut agar tidak membikin macet jalan dipagi hari. Tapi yang jadi kendala sekarang adalah apakah semua akan setuju dengan keputusan itu? .

Banyak sekali yang kontra dengan keputusan itu, entah dari kalangan pelajar itu sendiri dan para karyawan, yang harus bangun lebih awal dari biasanya. Yang lebih kasihan adalah anak-anak SD kelas 1 atau anak-anak yang baru masuk sekolah.

Sedangkan anak-anak yang masih kecil itu harus bangun lebih pagi dan harus berangkat lebih pagi pula, yang biasanya bangun sambil disambut oleh acara TV anak-anak dipagi hari, sekarang harus sudah bisa berangkat ke sekolah.

Memang hal itu mulai diberlakukan pada awal Januari 2009 nanti, tetapi para orang tua sekarang sudah melatih anak-anaknya terutama pada anak-anaknya yang baru masuk sekolah, untuk bangun lebih pagi dari biasanya.

Dan para orang tua tersebut sudah harus bisa membagi waktu dipagi hari, entah untuk meyiapkan sarapan buat anak-anaknya, atau membangunkan anaknya yang agak sedikit susah untuk bangun lebih pagi.

Untuk para orang tua yang bekerja juga harus pintar-pintar membagi waktu antara bangun pagi, ada juga yang berangkat ke kantornya dengan anaknya yang harus diantar dulu ke sekolahnya, karena semenjak dibangunnya jalan busway yang memakan sebagian jalanan untuk bangunan busway tersebut, jadi agak sedikit sempit jalanan di Jakarta ini.

Belum lagi anak sekolah yang jarak antara rumah dan sekolahnya jauh, ada yang rumahnya di daerah Bekasi, tetapi sekolahnya di daerah Matraman, Jakarta Timur. Banyak sekali hal ini terjadi, telat 15 menit dari jam masuk yang jam 7.00 saja sudah tidak boleh diizinkan untuk mengikuti pelajaran di sekolah.

Apalagi sekarang peraturan disetiap sekolah dan kantor sudah agak diketatin. Guru dan siswa setara dimata setiap Kepala Sekolah, siswa atau guru telat pasti diberi teguran. Banyak juga guru yang dipecat hanya dengan alasan sering telat.

3 comments:

Anita Prabowo said...

yaudah sih neng.namanya juga derita anak sekolah.haha

DWI RATIH said...

jahh, mentang" udah gak sekolah lo. ahhaha. ini tugasss tauuu.

Yalfrin said...

Bagus penulisan opininya popo, cuma sedikit saran saja : untuk penulisan jam tambahkan juga zonenya, seperti pukul 07.00 WIB ( atau WITA atau WIT).

Perhatikan pula perbedaan antara awalan dan kata depan , seperti dipukul (awalan) dan di Jakarta ( di jadi kata depan).

Penutup sebaiknya dibuat dalam bentuk kesimpulan yang lebih tajam. Good Popo !