Tuesday, March 8, 2011

Jumpa kembali.. :D

Hampir setahun sudah gw tidak menulis di blog ini, entah alasan apa gw malas sekali menulis akhir-akhir kemarin dan entah kenapa pula gw tiba-tiba ingin menulis blog ini kembali. Gak tau juga sih mau nulis apa *menuh-menuhin blog aja*, sebenarnya banyak juga kejadian-kejadian yang gw alami akhir-akhir ini. Tapi, bingung mau cerita yang mana :D

Oh iya, cerita tentang perkuliahan gw aja kali ya?!?
*siapa peduli juga, Po?* *bodo amat sih, elaaah* *eh, jadi ngomong sendiri gini?!?*
Okey, jadi begini. Sekarang ini gw udah semester empat, yang mana empat semester lagi *InsyaAllah* gw akan menjadi sarjana dan itu akan datang dua tahun lagi *gak kerasa lho dua tahun*, gw aja pacaran udah setahun lebih juga gak kerasa :D *ups curcol* *cuma kasih kode aja sih kalo gw udah punya pacar :p*

Balik maning nang leptop *iki opo?*
Sebenarnya gw agak sedikit shock masuk ke dalam dunia per-jurnalistik-an, awalnya ngeliat sodara-sodara gw yang jadi wartawan itu enak. Bisa dateng konser-konser gratis, ke luar kota jalan-jalan, liputan kuliner dimana-mana. Tapi dibalik semua itu ada ZONK!!

Tapi bukan berarti gw mulai nyerah dengan adanya ZONK dibalik kesenangan menjadi seorang wartawan. Tetap gw berusaha menjadi wartawan yang profesional *tsaelaaah*
Gw akan tetap belajar menulis sampai tulisan gw benar-benar bagus *sampai sekarang sih masih berantakan, :'( *

Iya, semester tiga kemarin gw udah mengambil beberapa mata kuliah yang sudah menjurus ke dalam jurusan kuliah gw. Ada salah satu mata kuliah yang bernama Jurnalistik Elektronik. Pertama gw denger nama itu yang ada di bayangan gw adalah belajar bagaimana cara memproduksi suatu acara di dalam media elektronik, *kayak di tv-tv itu* dan itu sangat terbalik di awal-awal perkuliahan.

Entah ada apa di otak dosen Jurlek gw itu, banyak senior bilang dia itu sangat pelit nilai dan selalu memberi tugas yang berat-berat. Yak, tiga sampai empat kali pertemuan kita sekelas hanya disuruh menerjamahkan chapter-chapter dari buku pedoman kuliah yang dari Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia, mending deh hasilnya dibahas ini sama sekali dikumpul dan gak dibahas sama sekali. Ya udah, namanya juga dosen kan yah? turutin aja apa yang dia mau.

Terlalu banyak teori yang dia kasih ke kita, seharusnya praktisi yang lebih banyak. Setiba menjelang Ujian Akhir Semester (Desemebr 2010) barulah kita diberi tugas-tugas praktisi. Membuat video Feature bertema 'Orang Yang Terpinggirkan' itulah tugas akhir semester gw, dan satu kelompok hanya boleh terdiri tiga sampai empat orang.

Sebelum membuat video, diwajibkan membuat proposal dan judul tidak boleh sama dengan kelompok lain. Setelah berminggu-minggu membuat proposal dengan teman-teman sekelompok gw dan tentu dengan persetujuan si dosen, gw akan membuat video Feature dengan menggunakan objek seorang Waria dengan judul 'Eksistensi Seorang Waria'.

JEDAAAAR!! Harus bekerja sama dengan waria?!!?
Seumur-umur gw ketemu waria di pinggir jalan aja, bulu kuduk gw udah merinding parah. Apalagi harus bekerja sama berhari-hari dengan waria?! Sebuah tantangan baru dalam hidup gw sepanjang tahun 2010. Mau gak mau harus gw lewatin, daripada gw harus mengulang mata kuliah dan bertemu lagi dengan dosen yang rada-rada itu *menurut gw*.

Dan dua orang teman gw itu (Beki&Non) yang mencari waria, karena diantara kita bertiga mereka lah yang rumahnya berdekatan. Setalah mendapat informasi dari mereka bahwa sudah mendapatkan seorang waria yang bisa diajak bekerja sama dalam membuat tugas akhir ini. Hati gw makin parah takutnya, berarti kan gw harus ketemu dan melakukan pendekatan dengan waria itu.

FIX!!! Seminggu sebelum melakukan syuting dan lain-lain. Gw, Beki, Non dan beberapa teman yang setia membantu bertemu dengan waria tersebut yang bernama Risma. Dimana jam yang menunjukan gw lagi tidur nyenyak, gw harus melek dan nungguin si bencong itu datang ke tempat ketemuan. Pukul 00.30 WIB Risma datang ke tempat pertemuan, yang mana pada waktu itu hujan sedang mengguyur kawasan tersebut.

Dari kejauhan Risma datang menghampiri kita, dia memakai jeans+t-shirt+hoody+wedges. Simple.
Pas sudah bertatap muka dengan nya, gw bertanya-tanya 'ini cewek beneran?'.
Tangannya lebih mulus daripada cewek biasanya, betisnya kecil tidak sebesar betis gw, wanginya semerbak bunga mawar yang merekah di pagi hari, rambutnya terurai lembut layaknya wanita yang keluar dari salon setelah ber jam-jam di dalam salon.

Setelah basa-basi sebentar, mulailah kita mewawancarai dia dengan suasana yang tidak garing. Risma baik, Risma apa adanya, Risma tidak malu dengan apa yang dia alamin selama ini. Risma sadar bahwa dia salah satu orang yang terpinggirkan. Tapi Risma enjoy dengan kehidupan nya dia yang sekarang ini. Dan Risma bersedia membantu kita dalam memuat video Feature untuk tugas akhir.

Sampai pada akhirnya, hari pertama syuting pun di mulai. Scene pertama kita mengambil dia pulang dari tempat kerjanya yang mana kerja Risma yaitu mangkal di pinggir jalan. Pukul 04.00 WIB kita memulai syuting. Kita bertemu dengan teman-teman Risma seprofesinya, dan pikiran gw bahwa waria itu sangar, galak, itu semua salah semenjak bertemu Risma dan teman-teman. Mereka seperti kita, mempunyai kehidupan masing-masing yang menurut kita baik.

Sehari semalam kita melakukan syuting. Ada beberapa bagian yang gw gak bisa membantu dua teman gw, dikarenakan gw 'masuk angin' dan tidak bisa ikut mereka. Sangat kampung penyakit gw emang. Yaaa daripada gw paksain ikut, kalau nantinya sakit gw nambah parah? dua orang teman gw itu sangat baik, gw hanya menunggu mereka di rumah nya Beki seharian, dikala gw pusing-pusing dan muntah-muntah, gw di rawat sama mama&adik nya Beki.

Syutingnya sih sehari semalam, tapi ngedit nya berhari-hari. Fufufufu *kayak anak jaman sekarang pake fufufu*
Lupa tanggal tepatnya, gw dan kelompok menyerahkan tugas akhir gw dengan penuh doa.
Semoga gak sia-sia tugas akhir ini, semoga mendapat nilai yang tidak hanya cukup, semoga video ini berguna buat semua.
Dan akhirnya gw mendapat nilai B, sungguh keajaiban dunia kita mendapat kan nilai B. Menurut para senior, dosen Jurlek gw itu paling baik ngasih nilai ke mahasiswa nya C.

Nice, :))

~berhubung koneksi modem gw lambat, video tugas akhir akan di upload lain waktu ya.

No comments: